Print

Doras 2017

AddThis Social Bookmark Button

           Kamis, 16 February 2017, PMR SMA N 3 Surakarta mengadakan salah satu program kerja mereka yaitu “Doras” atau donor darah siswa. Program ini dilakukan untuk mendonorkan darah kepada mereka yang membutuhkan. Namun, tidak semua orang dapat ikut serta, karena adanya standar yang perlu dipenuhi untuk mengikuti kegiatan donor darah tersebut, misalkan : Berumur minimal 17 tahun, tidak minum obat selama 1 minggu terakhir, dalam kondisi sehat, tidak diinfus dalam 1 minggu terakhir, dll.

 

Sumber : Dokumentasi Wikarya

            PMR smaga juga mendatangkan bantuan dari PMI seperti perawat dan dokter. Perawat dan dokterlah  yang mengambil dan juga memeriksa kesehatan para pendonor darah. Pertama – tama dokter mengetes kesehatan para pendonor, untuk memastikan apakah mereka dapat mendonorkan darah mereka, setelah pengetesan kesehatan, para pendonor diberi pita kemanusiaan dan konsumsi oleh PMR smaga, baru kemudian pendonoran darah dilakukan.                  

 

Sumber : Dokumentasi Wikarya

 

           Setelah pendonoran darah selesai, pendonor diminta untuk memberi kesan dan pesan, tidak hanya itu, para pendonor juga diberi souvenir dan stiker dari PMR SMA N 3 Surakarta. Bagi pendonor yang sudah selesai mendonorkan darah, dipersilahkan untuk langsung pulang ke rumah masing – masing, tetapi terdapat beberapa pendonor yang merasa pusing, lemas, bahkan ada pula pendonor yang pingsan. Bagi pendonor yang merasa kurang sehat dapat beristirahat di ruang rehat yang sudah disediakan dan akan dirawat oleh PMR smaga.

 

 

Sumber : Dokumentasi Wikarya

New layer...