• SMA NEGERI 3 SURAKARTA
  • WIDYA KARMA JAYA

Peringatan Hari Guru SMA N 3 Surakarta 2019

 Berbicara tentang  dunia pendidikan, pastinya tidak jauh dari yang namanya sekolah, perpustakaan, mata pelajaran, guru, bahkan dengan tingkah laku saat masa sekolah. Didalam kelas pasti tidak asing lagi dengan orang yang mendidik, mengajar, dan mengayomi kita, tidak salah lagi dia adalah guru kita. Guru adalah sosok yang paling penting dan utama di jagad ini karena mereka mencerdaskan kehidupan manusia. Namun demikian, belum dapat dikatakan bahwa semua guru dapat menjadi inspirasi bagi siswanya untuk cerdas dalam laku hidupnya.

 Guru yang mampu menjadi inspirasi siswa adalah guru yang sebenarnya. Guru inspirasi bukanlah seorang guru yang hanya sekedar mengejar kurikulum. Akan tetapi, ia mampu mengajak siswa-siswanya berpikir kreatif. Ia juga mengajak siswa-siswanya melihat sesuatu dari luar lalu mengubahnya didalam lalu membawa kembali keluar, ke masyarakat luas. Guru inspiratif melahirkan pemimpin pembaharu yang berani menghancurkan aneka kebiasaan lama.

 Guru kreatif inspiratif adalah guru favorit para siswa. Siswa akan merasa nyaman dalam suasana pembelajarannya. Ada beberapa kriteria yang menjadikan guru itu menjadi favorit di kelas. Pertama, dapat menjadi contoh dan teladan yang baik, jadi guru favorit bukan hanya guru yang “digugu dan ditiru” saja, tetapi harus mencerminkan dari tingkah lakunya yang selalu satu kata antara perkataan dan perbuatan. Mampu memberikan keteladanan kepada teman sejawat dan anak didiknya. Yang kedua, membimbing dan menjadi mentor bagi siswa.

 Yang ketiga, dapat bersahabat dengan murid. Sebab guru yang bersahabat biasanya mengerti dengan posisi para siswanya, memahami tentang karakter para siswanya sehingga memberikan perhatian dan juga pendekatan-pendekatan yang tepat untuk anak didiknya.

Yang keempat, menguasai materi pembelajaran. Guru yang menguasai materi mata pelajarannya akan berdampak positif terhadap perkembangan siswa itu sendiri, sebab dengan penguasaan materi guru dapat menyalurkan ilmu dengan baik sehingga para siswa dapat menyerap ilmu yang telah diajarkan.

Yang terakhir, dapat menghargai karya siswa dengan baik dan tidak merendahkan prestasi siswa.

 Terlepas dari beberapa kriteria guru favorit diatas, kita sebagai peserta didik jangan membedakan antara guru yang satu dengan guru yang lain sebab semua guru yang ada didalam sekolah merupakan orang tua kita juga yang harus kita hormati. Maka dari itu pada hari Senin tanggal 25 November 2019, SMA Negeri 3 Surakarta mengadakan upacara bendera untuk memperingati Hari Guru Nasional 2019. Upacara tersebut dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan pembina upacara Bapak Sri Widodo, S.Pd.

Dalam amanatnya Bapak Sri Widodo, S.Pd menyampaikan pidato menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia yang intinya profesi guru di Indonesia merupakan tugas yang termulia sekaligus yang tersulit karena membentuk masa depan bangsa, berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Para guru diajak melakukan perubahan kecil dikelasnya dengan cara mengajak kelas berdiskusi, memberi kesempatan murid untuk mengajar dikelas, mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, dan mencari suatu bakat dalam diri murid. Dengan melakukan perubahan tersebut secara serentak diharapkan akan lebih maju dan berkembang dunia pendidikan di Indonesia.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan persembahan program kerja tahunan dari MPK SMA Negeri 3 Surakarta yaitu Guru Favorit (GurFav) acara tersebut sebagai bentuk apresiasi siswa kepada  Bapak dan Ibu guru SMA negeri 3 Surakarta yang telah mengajar dan memberikan ilmunya.

Guru Favorit (GurFav) dipandu oleh 2 orang siswi sebagai pembawa acara yaitu Nadia Haura Mardani (XI MIPA 9) dan Maharani Gusti A.P (X MIPA 5). Acara dibuka dengan pembacaan puisi oleh Ketua OSIS SMA Negeri 3 Surakarta Pradiptama Pekerti D.A (XI MIPA 3) dan pembacaan pidato oleh Ketua Umum MPK SMA Negeri 3 Surakarta Geovanny Satria A.R (XI MIPA 8). Setelah selesai dilanjutkan dengan pemberian bunga oleh OSIS dan MPK kepada semua Bapak dan Ibu guru. Barulah pembawa acara mengumumkan hasil pemenang Guru Favorit (GurFav) SMA Negeri 3 Surakarta Tahun 2019 yaitu :

  1. Kelas X MIPA Ibu Fakhi Rahmasari, S.Pd.
  2. Kelas X IPS Bapak Sudaryono, S.Pd.
  3. Kelas XI MIPA Dra. Sri Basuki Sumarahningsih
  4. Kelas XI IPS Drs. Barkah Raharja, M.Pd.
  5. Kelas XII MIPA Dra. Endang Sulistyowati
  6. Kelas XII IPS Dra. Puji Rahayu

Acara dilanjutkan dengan penerbangan balon oleh Bapak Sri Widodo, S.Pd. beserta para  pemenang Guru Favorit (GurFav). Dan yang terakhir adalah pengumuman GurFav Challenge yang dimenangkan oleh kelas X MIPA 3, XI  MIPA 7, dan XII IPS 1.

Para siswa menikmati serangkaian acara dengan suasana gembira dan antusias. Diharapkan Bapak Ibu guru yang terpilih menjadi Guru Favorit tidak lain adalah guru yang profesional yang terus menerus meningkatkan kualitas dan kapasitas dirinya serta menyadari sepenuhnya akan tugas dan tanggung jawabnya selaku guru, memiliki prinsip belajar sepanjang hayat dengan terus menerus melengkapi diri dengan ilmu-ilmu lain yang mendukung sehingga memunculkan inovasi-inovasi baru dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Selamat Hari Guru, jasa Bapak dan Ibu guru akan kami kenang selalu.... 

         

         

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SERAH TERIMA JABATAN OSIS&MPK 2019/2020

Pada hari Senin, 28 Oktober 2019 bertepatan dengan pelaksanaan upacara bendera hari Sumpah Pemuda, telah diadakan pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) kepengurusan OSIS/MPK ta

31/10/2019 16:44 WIB - Admin SMAGA
Jumat Seni SMA Negeri 3 Surakarta

Seni adalah sebuah kata yang semua orang pasti mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kata seni berasal dari kata “Sani” artinya “jiwa yang l

22/10/2019 16:38 WIB - Admin SMAGA
Penerimaan Tamu Ambalan 2019

Salam Pramuka!!! Salam hangat dari Pramuka SMA Negeri 3 Surakarta Ambalan penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organik dalam Gerakan Pramuka yang terdiri atas pramuka

23/09/2019 16:12 WIB - Admin SMAGA
Informasi Daftar Ulang PPDB 2019

INFORMASI UNTUK PESERTA DIDIK YANG DINYATAKAN DITERIMA DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019 /2020 Daftar Ulang    Persyaratan Peserta Didik harus hadir, me

08/07/2019 14:18 WIB - Sapta Kusuma Brata
PPDB 2019

Bagi peserta PPDB 2019 yang akan online melalui lab komputer SMA N 3, silahkan mendaftar dulu.

28/06/2019 18:23 WIB - Sapta Kusuma Brata
Pagelaran wayang kulit

Siswa-siswi SMA Negeri 3 Surakarta mempersembahkan Pagelaran Wayang Kulit Purwa

27/05/2019 21:03 WIB - Sapta Kusuma Brata
PAT 2018/2019

Penilaian Akhir Tahun, Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk kelas X dan XI diadakan mulai tanggal 20 Mei 2019 sampai dengan 29 Mei 2019. bertempat di SMA N 3 Surakarta lokasi Kerkof.

20/05/2019 13:02 WIB - Sapta Kusuma Brata
THREEBUTE TO KARTINI IV

Kamis, 18 April lalu diadakan acara puncak Threebute to Kartini. Threebute to Kartini adalah sebuah acara yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh SMA negeri 3 Surakarta dan ini tahun

26/04/2019 07:22 WIB - Admin SMAGA
Ceramah dari Paramadina

Ceramah umum dari Univeritas Paramadina tentang internet sehat, narkoba, terorisme

18/03/2019 05:10 WIB - Sapta Kusuma Brata
Jalan Sehat

Kegiatan Jumat Sehat dilaksanakan dengan salah satunya jalan sehat di sekitar lingkungan sekolah  

18/03/2019 05:10 WIB - Sapta Kusuma Brata